Senin, 11 Mei 2009

Tips Dongkrak Tenaga Bajaj Pulsar


Tips dan triks berikut ini mungkin udah sering kita baca dan dengar dari berbagai media, namun demi penyebar luasan info tentang pulsar kita maka sengaja info ini saya tampilkan kembali, berdasarkan referensi dari berbagai media yang saya dapatkan.

1. CDI
mengganti CDI standar dgn merk lain – sekarang yg ada merk BRT Smart Click for Bajaj Pulsar -
CDI berada di bodi belakang sebelah kanan. CDI standard original letaknya dibawah tangki, diatas box filter. Biasanya kalau dipasang BRT mekanik lebih mudah meletakkan di bodi belakang karena mudah dijangkau untuk setting limiter maupun sudut/drajat pengapian.

2. Coil
sudah pernah lihat 2 benda putih di bawah tangki bensin?
itulah koil, jika keduanya diganti dengan coil mobil HYUNDAI ELANTRA dapat meningkatkan
efisiensi pengapian. Alternatif lain pakai coil Andrion XP bentuknya lebih besar dari standard pulsar, dengan pengapian yg lebih besar dari standard. Letaknya bisa di dudukan aslinya kedua-duanya.

3. Coil Booster
benda ini diletakkan antara CDI dan coil, berguna untuk stabilisasi arus listrik yang digunakan coil
merk yang disarankan adalah APS Motomaxx II

4. Karburator
mengganti karburator standar dengan karburator tipe PE-28 (milik kawasaki Ninja CMIIW)
dapat meningkatkan tori dan power pulsar

5. Knalpot
mengganti knalpod dengan tipe free flow (rekomendasi lubang exhaust 30-45 mm)
sebaiknya dilakukan dengan memotong muffler saja dengan tetap menggunakan Exhaust-TEC
merk yang disarankan bervariasi dari mulai NOB1 sampai Yoshimura, Arrow atau Termignoni

Demikian 5 langkah optimalisasi mesin Pulsar, semoga bermanfaat. Untuk rincian biaya dapat menghubungi bengkel resmi Bajaj terdekat.